ips Perbedaan Antara Domain Dan Hosting - nissamaheswary.com

Iklan Display Atas

Perbedaan Antara Domain Dan Hosting

Nissamaheswary.com - Berikut ini ulasan pengertian dan perbedaan antara domain dengan hosting yang perlu dipahami dan wajib Anda baca.

Perbedaan Antara Domain Dengan Hosting
pengertian atau perbedaan antara domain dan hosting 

Pagi seorang pengguna atau pengunjung internet setia pastinya akan selalu bertanya apasih domain dan hosting itu dan apa perbedaannya dan fungsinnya sebagai apa antara domain dengan hosting ataupun perbedaan dari keduanya?

Domain dan hosting adalah suatu penyedia layanan yang harus dimiliki oleh sebuah website, situs atau seorang blogger. Dimana domain dan hosting dua hal yang saling bersandingan yang tidak bisa dipasahkan.

Sebagai analoginya begini loh, hubungan antara keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling membutuhkan.

Sebagai gambaran atau contoh:

Domain itu ibarat sebagai alamatnya untuk menuju suatu kesutu tempat yang dituju, sedangkan Hosting itu tempatnya atau rumahnya.

Jadi kesimpulannya pengertian antara domain dengan hosting : 

Seperti pada penjelasan antara rumah dan alamatnya di uraian gambaran atau contoh diatas, domain berfungsi sebagai alamatnya, sedangkan hosting adalah sebagai rumahnya atau tempatnya bagi website atau situs.

Untuk lebih jelasnya seperti apada uraian artikel dibawah ini.

A. Pengertian Domain.

Domain adalah berfungsi sebagai nama alamat untuk menuju ke website atau situs. Dan ini merupakan kunci bagi seorang pengguna atau pengunjung di internet untuk melakukan pencarian dengan mengetikan langsung dengan nama domain untuk mengakses dan menuju ke suatau website. 

Jika Anda langsung dengan mengetikan dengan nama domainnya berarti Anda langsung menuju ke halaman beranda atau webseite atau situs.

Secara tidak langsung bisa menemukan nama domain dengan pencarian artikel di pencarian di Google.

Tetapi Anda biasanya mengetikan dengan nama kata kunci untuk mencari dan membaca lebih luas dan ingin mendapatkan informasi yang lebih jelas, biasa Anda dengan mengetikan nama kata kunci artikel bukan nama domainya.

Sebagai contoh: Anda mengetikan nama kata kuci “lupa sandi privasi di HP Android” maka google akan mencarikan hasil dari nama kata kunci yang Anda ketikan dipencarian Google, dan jika Anda mengeklik dihasil pencarian yang muncul dihalaman paling atas atau Page One, maka mesin Google akan mengarahkan ke nama domainnya.

Perbedaan Antara Domain DanHosting

B. Pengertian Hosting.

Seperti pada uraian diatas hosting dapat digambarkan atau divisualisasikan sebagai tempatnya atau tanahnya atau nama lainnya sebagai lahan untuk wadah Anda membangun suatu gedung atau rumahnya. 

Situs atau website adalah tempat atau rumah dimana Anda tinggal. Nah untuk membangun dengan tempat untuk warung atau toko itulah nama website atau situsnya. 

Dengan kata lain ada pengunjung butuh membeli suatu barang pastinya lebih dulu tahu alamatnya atau doamiannya untuk menuju ke tempat toko warung atau websitenya.

Disisi pengertian lain, jika Anda atau kita tidak berlangganan atau membeli nama domain, Anda sama saja memiliki alamat (domain) tanpa tempatnya, rumahnya atau websitenya.

Gambarannya, jika sudah menjadi blogger dan tidak berlangganan untuk membeli domain, orang bisa saja mengetahui alamat jalan atau domian Anda, alhasil jika dibuka tidak ada gedungnya, tempatnya atau rumahnya, gitu ya? rumahnya saja tidak punya bagaimana dengan isi-isinya.

Dengan kata lain, Anda bisa saja dapat menginformasikan atau memberitahukan alamat tersebut kepada siapa saja tentunya para pengunjung internet. 

Tetapi yang menjadi permasalahannya, pengunjung tidak akan bisa mengakes untuk mengetahui informasi apapun atau tidak akan mellihat apa-apa, karena Anda tidak bisa memilika tempat, gedung atau rumahnya.

Untuk gambaran secara sederhana saja dan lebih jelas lagi seperti uraian ulasan berikut ini:

Dengan membeli atau berlangganan penyedia layanan hosting atau rumahnya, Anda dapat membuat dan menyimpan semua informasi seperti, file-file konten, yang berisi gambar, url scrip, video dan semua itu merupakan kesatuan file yang dinamakan sebagai database.

Semua informasi konten yang berbentuk tulisan artikel, gmbar, video dan berbagai konten lainnya itu lah yang ingin Anda tampilkan atau informasikan di website atau rumah Anda.

Sebagai catatan:
  1. Jika Anda membuat toko noline, situs atau web, dengan menggunakan layanan gratisan dari Blogger atau Blogspot, Wordpress dan berbagai platform lainnya, jika tidak berlangganan atau membeli paket penyedia layanan domain dan hosting, jangankan rumah atau website Anda terlihat, alamat atau domain Anda saja tidak akan terlihat di sistem mesin pencari Google. Dan akan terlihat oleh Anda sendiri itupun Anda harus masuk ke akunt situs atau website yang Anda gunakan sebagai toko olinenya.
  2. Setidaknya Anda hanya berlangganan domain saja, walaupun toh juga nama domain Anda masih berbentuk namadomain@blogspot.com atau namadomain@wordpress.com.
  3. Dengan Anda sudah berlangganan dan memiliki nama domain, saat itu juga konten-konten Anda sudah bisa anda informasikan atau publishkan ke mesin pencarian Google. Walaupun Anda masih menebeng atau menumpang di Blogger atau Wordpress dan platform lainnya yang sebagai rumah hostingnya atau websitenya.

Apa Perbedaan Domain dan Hosting.

Jika belum jelasnya perbedaan atau pengertian antara domain dan hosting, silahkan lanjut sebagai berikut:

1. Pegertian gambaran domian secara analogi.

Doamiannya sebagai alamat atau jalan untuk menuju ke warung ke toko, untuk mendapatkan suatau barang-barang yang lebih jelas dan komplek tentunya, semua barang-barang tersebut sangat berguna sekali untuk Anda dan apa yang anda butukan sekarang ini.

Nah barang-barang itulah isi semua informasi yang berbentuk informasi konten berupa artikel, gambar atau video tutorialnya, bagaimana sudah pahamkan?

2. Pengertian gambaran hosting secara analogi.

Sedangkan untuk hosting sebagai tempat gedung atau rumahnya yang tentunya berfungsi untuk menginsformasikan barang-barang atau isi informasi yang berbentuk konten baik berupa tulisan artikel dan apa yang anda butukan sekarang ini.

Nah barang-barang itulah isi semua informasi yang berbentuk informasi konten berupa artikel, gambar, serta video tutorialnya yang disuguhkan untuk Anda dan tentunya dapat membantu pekerjaan atau kebutuhan yang sedang Anda cari.

Seperti pada ulasan di artikel ini, Anda bisa mendapatkan beberapa informasi atau berita baik berbentuk konten tulisan artikel, gambar beserta penjelasannya dan beberapa video tutorialnya yang juga disediakan di situs nissamaheswary.com ini. 


Apakah Bisa Kita Hanya Membeli Domain atau Hosting Saja?

Tentunya jawabanya Bisa Gays. Jadi begini ya, intinya untuk modal pertamanya Anda harus berlangganan atau membeli pakek penyedia layanan dahulu baik hosting atau domainnya saja.

Jika sudah berhasil berlangganan dengan membeli domain dengan hostingnya, maka situs atau website dapat online jika ada pengunjung mengklik nama domain Anda.

Tetapi jika Anda belum berlangganan kedua-dunya maka pengunjung internet yang sejagad diduni maya tidak akan bisa mengakses nama domain atau nama situ web Anda, dan alhasil error 404.

Dan jika Anda sudah memiliki domain untuk sebuah blog sperti dari layanan platform blogspot, Wordpress, Weebly, Wix dan beberpa platform lainnya, Anda tinggal meningkatkan atau mengcustom nama domain Anda.

Meningkatkan atau mengcustom domain adalah melakukan pergantian alamat domain dari suatu layanan media paltform blog tetapi Anda masih bisa menggunakan hosting atau rumahnya dari blog gratisan tersebut.

Makanya dengan melakukan custom atau meningkatkan nama domian inilah yang biasa disebut dengan nama Domain LTD. Jadi dengan nama baru domain LTD Anda, blog, situs atau web akan kelihatan tampilannya keren dan profesional gitu loh Gays.

Apa itu Domain LTD?

Domain LTD adalah kependekan dari nama Tingkat Level Domain (LTD), jika nama domain Anda masih gratisan pastinya jika Anda menggunakan layanan blog dari Blogger, pasti namanya domainkamu@blogspot.com atau jika Anda menggunakan layan blog dari Wordpress pasti nama domainkamu@wordpress.com, bagaiamna sudah jelas kan Gays?

Contoh ya, jika artikel yang Anda baca ini masih berupa nama domainnya gratisan pasti namanya nissamaheswary@blogspot.com, karena memang saya menggunakan layanan situs dari Blogger, namun saya sebagai pemilik itus ini, memang dari awalnya pertama kali sudah berlangganan pakek ke penyedia layanan domain berserta hosting langsung, jadi sampai sekarang tetap bernama Nissamaheswary.com.

Demikianlah pengertian dari domain dan hosting berserta perbedannya yang selalu terpikir dalam benak Anda terkhusus bagi Anda ingin menjadi seorang konten kreator dengan ngeblog atau ingin membuat usaha di dunia online tentunya dengan bantuan membuat atau membangun situs atau web. Semoga dapat menjadi wawasan, berguna dan bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel