Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mati Total, Tidak Berfungsi Sebagian Atau Error Di Windows 10.

 Nissamaheswary.com - Jangan harap Anda dengan menyimpan laptop dan jarang memakainya akan menghasilkan perawatan laptop kita akan semakin bagus, dengan berbagai alasan kita jarang menggunakan atau memakai laptop beranggapan supaya laptop kita biar awet dan tetap baru.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Mati Total, Tidak Berfungsi Atau Error Di Windows 10.
cara mengatasi keyboard laptop mati total, berfungsi atau error di Windows 10.


Langkah dengan menyimpan laptop dan jarang memakainya adalah langkah yang sang salah ataupun tidak benar, seperti pengalaman dari penulis disini, laptop merek Asus beli dengan keadaan bagus atau baru dan jarang dipakai, malah mengakibatkan laptop mengalami kendala seperti errornya tombol keyboard.

Permasalahan yang kerap terjadi untuk semua merek laptop apapun dari membeli dengan keadaan baru dan jarang  memakainya atau terlalu lama menyimpannya malah mengakibatkan sering menimbulkan permasalahan pada perangkat keras atau perangkat eksternalnya yaitu di keyboard.

Yah memang di keyboard permasalahan yang sering terjadi jika kita jarang memakai laptop atau terlalu sering menyimpannya, adapun kendala permasalahan di keyboard yang sering terjadi adalah seperti:

  • Keyboard mati sebagian atau tidak berfungsi sebagian.
  • Salah tempat atau salah letak posisi huruf di keyboard.
  • Jika ditekan terjadi atau menghasilkan huruf atau angka yang muncul berulang-ulang sampai berapa, selama kita menekan.
  • Bahkan yang lebih parah, keyboard laptop mati total sama sekali tidak berfungsi atau tidak mendeteksi semua. Dan beberapa permasalahan lainnya yang intinya keyboard mengalami error.

Dengan permasalahan keyboard laptop atau PC komputer Anda yang error, mati sebagian, letak posisi huru salah tempat dan berbagai permasalahan error lainnya, Anda jangan terlebih dahulu dengan mem-vonis untuk membeli perangkat keyboard baru.

Baca Juga: Berikut Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Laptop Cepat Rusak.

Berikut tips ampuh cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang tidak berfungsi baik sebagian atau keseluruhan pada windows 10, adapun langkah-langkahnya seperti cara berikut ini:

A. Langkah Pertama.
1. Silahkan matikan terlebih dahulu laptop Anda dengan atau melalui menu Shut down.
2. Selanjutnya hidupkan kembali laptop Anda dengan menekan dan tahan pada tombol Power + F2 pada keyboard. 
3. Usahakan tahan beberapa detik sampai masuk ke sistem Bios, setelah berhasil masuk ke sistem Bios → lanjut tekan Boot Menu (F8) → Lanjut pilih klik Windows Boot Manager (P0: TOSHIBA MQ04ABF100).

Setelah melalui pada tahap 3 seperti pada uraian diatas, silahkan tunggu proses Booting windows selesai, sampai laptop Anda sudah siap digunakan seperti biasa. 

Dan sekarang saatnya Anda bisa mencoba Apakah keyboard laptop Anda sudah berfungsi normal kembali ataukah masih mati total secara keseluruhan, dan cara cepat untuk mengecek keyboard Anda sudah berfungsi normal atau tidak Anda bisa langsung merefresh dengan menekan tombol keyboard di F5.

B. Langkah Kedua.
Berikut Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke Sistem Bios Pada Laptop Asus Windows 10 melalui pengaturan atau settingan di laptop Mudah Sekali.

Sedangkan untuk Langkah kedua ini jika Anda tidak bisa masuk melalui dari tombol Power  + F2 di keyboard seperti langkah pertama seperti pada penjelasan uraian di atas.

Apabila Anda kesulitan masuk ke sistem Bios seperti pada langkah pertama di uraian di atas, Anda bisa masuk melalui menu Setting pada laptop. Adapun cara atau langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Yang pertama dilakukan adalah kita harus terlebih dahulu menghidupkan laptop Anda atau laptop dalam dalam hidup.

  1. Lanjut klik di menu Start → Lanjut pilih menu Setting
  2. Lanjut pada halaman Setting → Selanjutnya arahkan kursor ke bagian paling bawah dan pilih tombol menu Update dan Security.
  3. Kemudian setelah halaman jendela Update sudah terbuka, sekarang arahkan kursor mouse ke bagian paling kiri → Lanjut klik pada menu Recovery → Lanjut klik Restart Now. Silahkan tunggu proses laptop sedang melakukan restart dengan sendirinya.
  4. Selanjutnya akan muncul halaman jendela Choose an option → Lanjut silahkan klik Troubleshoot.
  5. Selanjutnya silahkan pilih UEFI Firmware settings → Lanjut klik menu tombol Restart pada layar laptop Anda.

Kemudian tunggu proses laptop ataupun PC komputer sedang melakukan Restart, sekarang sudah masuk ke tampilan sistem Bios

Setelah masuk dalam sistem Bios, sekarang kita bisa merubah beberapa setingan yang kita inginkan, seperti: mengubah atau mengganti password, merubah setingan kalender dan beberapa setingan lainnya yang menurut kita kurang pas ataupun masih salah.

Dan yang paling penting adalah sesuai dengan permasalahan pada judul artikel disini yaitu cara memperbaiki keyboard laptop yang error atau tidak berfungsi di windows 10 yaitu kita dengan Booting ulang atau melakukan Reboot pada settingan di sistem Bios.

Apabila sudah masuk ke tampilan Bios dengan cara langkah kedua, maka sekarang ke pokok permasalahan yaitu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi semua atau mati total pada windows 10, yaitu seperti penjelasan di langkah pertama diatas, dengan cara berikut ini:

  • Setelah berhasil masuk ke sistem tampilan Bios → lanjut tekan Boot Menu (F8)
  • Kemudian silahkan pilih dan klik Windows Boot Manager (P0: TOSHIBA MQ04ABF100).

Kemudian tunggu proses Reboot atau Booting laptop atau PC komputer sampai selesai dan sekarang cek semua tombol keyboard pada laptop Anda sudah berfungsi atau belum.

Dengan melakukan Booting ulang ini sama saja dengan kita melakukan Reboot pada settingan laptop atau PC komputer, namun kita harus masuk ke tampilan Bios supaya proses Reboot atau Booting ulang bekerja. Ini sama saja dengan kita me-Reboot di settingan HP Android ataupun smartphone.

Berikut ini Cara Masuk Ke Tampilan Sitem Boot Manager Pada Merek Laptop Acer, HP, Lenovo, Dell dan Toshiba.

A. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek ACER.
1. Posisi laptop harus dalam keadaan mati terlebih dahulu.
2. Silahkan tekan tombol Power + tombol F2 secara bersamaan.
3. Dengan cepat lepaskan tombol Power sedangkan tombol keyboard FR terus tekan              berulang-ulang sampai masuk ketampilan sistem BIOS muncul di laptop Anda.

B. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek HP.
Sedanggkan untuk masuk ke sistem tampilan Biso apda laptop HP sedikit berbeda pada umumnya pada laptop merek lainnya, Adapun caranya sebagai berikut ini:

1. Posisi laptop harus dalam keadaan mati terlebih dahulu.
2. Silahkan tekan tombol Power + tombol F10 secara bersamaan.
3. Dengan cepat lepaskan tombol Power sedangkan tombol keyboard F10 terus tekan berulang-ulang sampai masuk ketampilan sistem Bios muncul di laptop Anda.

Selain dengan melkuakn dengan lakukan biasa supaya masuk ke tampilan Bios pada laptop HP sperti pada urain diatas, Anda juga bisa masuk melalui dengan menggunakan tombol esc secara berulang-ulang, perhatiakan sampai tampilan menu boot dan Bios muncul di layar laptop merek HP Anda.

C. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek TOSHIBA.
Sedangkan untuk masuk ke sistem tampilan Bios pada laptop HP sedikit berbeda pada umumnya pada laptop merek lainnya, Adapun caranya sebagai berikut ini:

1. Posisi laptop harus dalam keadaan mati terlebih dahulu.
2. Silahkan tekan tombol Power + tombol esc + F1 secara bersamaan.
3. Dengan cepat lepaskan tombol Power sedangkan tombol keyboard esc + F1 terus tekan berulang-ulang sampai masuk ketampilan sistem Bios muncul di laptop Anda. Jika tampilan Bios tidak muncul, silahkan gunakan tombol F2 sebagai penggantinya tombol esc + F1.

D. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek DELL.
1. Posisi laptop harus dalam keadaan mati terlebih dahulu.
2. Silahkan tekan tombol Power + tombol F2 ecara bersamaan.
3. Dengan cepat lepaskan tombol Power sedangkan tombol keyboard F2 terus tekan berulang-ulang sampai masuk ketampilan sistem Bios muncul di laptop Anda. Ini sama dengan cara masuk ke tampilan Bios laptop ACER, ASUS.

E. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek LENOVO.
Sedangkan untuk laptop merek Lenovo ada beberapa seri atau beberapa type, adapun beberapa seri atau type merek laptop Lenovo seperti: Lenovo IdeaPad, Lenovo G405 atau G series dan Lenovo ThinkPad.

1. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek Lenovo IdeaPad.
Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah, silahkan Reboot Laptop Lenovo terlebih dahulu, kemudian lanjut tekan tombol F1.

F. Cara masuk ketampilan sistem Bios laptop merek Lenovo Lenovo G405 atau G series dan ThinkPad.
Reboot Laptop Lenovo terlebih dahulu kemudian lanjut tekan tombol fn dan F2.
Perlu diperhatikan! 
Cara Mengatasi Keyboard Laptop Mati Total, Tidak Berfungsi Atau Error Di Windows 10 Selain Laptop Merek ASUS, Anda harus melakukan setingan di Biosnyadengan cara silahkan aktifkan pada Boot Manager ke setingan Enabled atau diaktifkan kemudian simpan settingan tersebut dan Restart kembali laptop Anda. 

Demikianlah tips ampuh bagaimana cara mengatasi keyboard laptop mati total, tidak berfungsi atau error di windows 10. Semoga dapat bermanfaat.