Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Display Atas

Cara Menulis Atau Melakukan Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.

Nissamaheswary.comSesuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Permintaan, Penetapan dan Penggunaan Nomor Identitas Pegawai Negeri Sipil, dimana NIP atau Nomor Identitas Pegawai sudah ditetapkan menjadi atau berjumlah 18 digit. 

Cara Menulis Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.
cara membuat spasi nip otomatis di excel

Selain NIP berjumlah 18 digit, bahwa juga telah terjadi perubahan bagaimana cara penulisan NIP atau Nomor Induk Pegawai untuk ASN atau PNS, yang mana NIP tersebut format yang benar dan valid dalam penulisannya adalah harus terpisah dengan spasi.

Kenapa harus terpisah penulisan NIP dengan spasi? karena NIP dengan jumlah 18 digit tersebut mengartikan identitas seorang pegawai negeri sipil atau seorang atau ASN.

Penasaran Dengan Arti 18 Digit NIP PNS? Berikut Ini Penjelasannya.
Adapun cara tulisan yang benar dengan adanya spasi atau terpisah itu memiliki ari identitas dari seorang Pegawai Negeri Sipil itu sendiri, berikut penjelasan arti NIP yang berupa 18 digit:

Contoh NIP Sebagai Dasar Pembahasan: NIP. 19820827 201101 1 009.

I. Bagian Pertama.
Di mana untuk Bagian Pertama ini terdiri dari 8 digit, yaitu seperti berikut ini penjelasannya:

NIP. 19820827 201101 1 009
NIP. 19820827 
  • 1982 Mengartikan: Tahun Lahir Pegawai.
  • 08 Dua digit kedua: Bulan Lahir Pegawai.
  • 27 Dua digit ketiga: Tanggal Lahir Pegawai.
II. Bagian Kedua.
Di mana untuk Bagian Kedua ini terdiri dari 8 digit, yaitu seperti berikut ini penjelasannya:

NIP. 19820827 201101 1 009
NIP. 201101

  • 2011 Mengartikan TMT CPNS yaitu Tahun dan Bulan diangkat Menjadi ASN atau PNS. Dimana Tahun 2011 Bulan 01 (januari) diangkat menjadi CPNS.

III. Bagian Ketiga.
NIP. 19820827 201101 1 009
NIP. 1

  • 1 (satu) digit berikutnya mengartikan angka pengenal untuk jenis kelamin. Dimana angka 1 untuk jenis kelamin Laki-laki/pria, sedangkan angka 2 untuk jenis kelamin Perempuan/wanita

IV. Bagian Keempat.
NIP. 19820827 201101 1 009 
NIP. 009
  • Sedangkan untuk bagian keempat atau terakhir yaitu 3 (tiga) digit terakhir mengartikan angka pengenal yang menunjukkan Nomor Urut CPNS/PNS pada masa TMT angkatan Tahun dan Bulan tersebut waktu menjadi CPNS.

Cara Menulis NIP Yang Benar Dengan Kasih Jarak Spasi Secara Cepat dan Otomatis di Ms Excel.

Banyak yang masih mengabaikan cara menulis NIP yang benar, jadi jika tidak mengerti arti dari NIP, maka masih tetap banyak cara penulisan NIP yang masih salah.

Berikut ini cara penulisan NIP PNS yang benar dengan spasi secara cepat dan otomatis di Excel dan membutuhkan hanya dalam hitungan detik saja. Dalam menuliskan NIP secara benar dengan menggunakan spasi, maka data NIP berjumlah puluhan bahkan ratusan hanya selesai dalam hitungan menit saja. 

Apakah memang demikian hanya membutuhkan waktu beberapa menit bahkan detik saja? memang benar karena setelah menuliskan satu NIP saja secara benar dengan fungsi logika rumus di Excel setelah berhasil, setelah itu kita langsung mengkopinya dengan menarik sel pointer drag ke bawah.

Dengan menarik sel pointer yang berbentuk ikon Plus (+), maka secara otomatis yang semula NIP tidak ada spasi berubah menjadi spasi secara otomatis, sehingga penulisan NIP sekarang sudah menjadi dalam format yang benar. 

Cara Penulisan NIP PNS Dengan Spasi Mudah Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.

Ok langsung saja ke tutorialnya, bagaimana cara menuliskan NIP PNS dengan tanda spasi secara benar secara cepat dan otomatis di Ms Excel dan selesai hanya dalam hitungan detik saja. Adapun caranya seperti berikut ini:

I. Langkah Pertama.

Silahkan buka file dokumen Excel data NIP Anda tanpa tanda pisah spasi yang tentunya sudah dipersiapkan sebelumnya.

Sebagai Contoh Dasar Pembahasan, lihat data NIP pada kolom Excel dibawah ini:

Cara Menulis Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.
cara melakukan format nip pns di excel


II. Langkah Kedua.

  1. Setelah membuka file dokumen Excel Anda seperti pada gambar di uraian pada Langkah Pertama diatas, silahkan membuat dengan fungsi rumus logika di samping kolom sebelah nya atau sebelah kanannya.
  2. Lanjut silahkan tuliskan rumus fungsi logika di samping kanan sebelah nomor satu atau yang paling atas terlebih dahulu, dengan menuliskan fungsi logika seperti ini: =REPLACE(REPLACE(REPLACE(B1;"9";"0";" ");"16";"0";" ");"18";"0";" ") → Kemudian Lanjut tekan Enter.
  3. Maka secara otomatis NIP yang sebelumnya tidak ada tAnda spasi, sekarang berubah otomatis dengan adanya spasi. Dengan demikian cara penulisan NIP PNS sudah dalam format yang benar.

III. Langkah Ketiga.

Kemudian pada langkah ketiga, kita saatnya mengkopinya fungsi rumus logika yang sudah berhasil dibuat pada NIP yang pertama tadi, yaitu dengan cara: 

  1. Silahkan klik pada NIP yang sudah jadi format penulisannya dengan tAnda jarak spasi tadi → Lanjut klik sel pointernya yang terletak di sudut kanan bawah yang berbentuk ikon + (plus).
  2. Lanjut setelah kursor mouse sudah tertuju sel pointer nya → Lanjut drag atau tarik sel pointer nya kebawah sampai posisi NIP di samping sebelah kiri habis atau bisa langsung Double Klik → Maka secara otomatis semua NIP sudah berubah menjadi penulisan format benar, yaitu dengan adanya jarak spasi diantara beberapa digit NIP.
  3. Selanjutnya tinggal kopikan hasil membuat penulisan NIP dengan format yang sudah benar tadi, dengan cara Blok semua → Tempatkan ke Kolom Cell yang baru dengan cara Paste Value.
Cara Menulis Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.
cara menulis nip yang benar di excel

Cara Menulis Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.
cara memisahkan nip di excel secara otomatis

Untuk Lebih Jelasnya Anda Bisa Menonton Tutorial Video Di Bawah Ini, Cara Menulis Format NIP PNS Dengan Benar Cepat Dan Otomatis di Ms Excel.


Fungsi dari Paste Value adalah Mengkopi Data hasil dari Fungsi Rumus Logika, setelah mengkopikan dengan Paste Value, maka Anda tinggal menyimpannya hasil penulisan NIP dengan format yang benar yaitu dengan menggunakan jarak Spasi seperti pada penjelasan uraian diatas.

Demikianlah tips ampuh super cepat bagaimana cara membuat tulisan NIP dengan format yang benar yaitu dengan memberi jarak dengan Spasi di Ms Excel secara cepat otomatis dalam waktu hitungan detik. 

Dengan demikian yaitu cara menulis NIP dengan kasih jarak Spasi secara otomatis di Excel, akan mempercepat pekerjaan Anda, walaupun data NIP yang sudah Anda siapkan atau ketikan berjumlah puluhan, ratusan bahkan ribuan akan selesai hanya dalam waktu yang singkat atau dalam hitungan detik saja. Semoga dapat bermanfaat!